Cara Tepat Merawat Motor Matic dengan Baik dan Benar

Motor matic saat ini menjadi laris di pasar Indonesia. Mulai dari tahun 2000-an sampai sekarang motor matic masih di minati oleh berbagai kalangan baik pria maupun wanita. Dengan harga yang relatif terjangkau dibanding motor jenis lain, motor matic memberikan kenyamanan dalam berkendara. Jika sebelumnya motor matic berjenis karburator, saat ini motor matic sudah berkembang menjadi jenis injeksi. 

Injeksi adalah sistem yg menyuplai bensin ke mesin sesuai dgn kebutuhan mesin, dengan menyemprotkan bensin yang sudah ditakarkan sensor yang ada dalam sistem. Sehingga membuat motor injeksi lebih irit dibandingkan dengan motor yang jenis karburator. Motor berjenis injeksi ini adalah solusi saat ini yang dulunya motor matic dinilai sebagai motor yang boros.


Nah bagi anda yang memiliki motor matic perlu mengetahui bagaimana merawat motor matic anda agar awet dan tahan lama. Agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari. Berikut tips untuk merawat motor matic :
  1. Memanaskan Mesin, biasakanlah untuk memanaskan mesin motor matic sebelum anda gunakan, cukup sekitar 1-2 menit saja. Bahkan jika anda dalam keadaan buru-buru, 30 detik pun sudah cukup untuk memanaskan. Hal ini dilakukan agar oli dapat melumas mesin secara keseluruhan sebelum digunakan.
  2. Roler & V-belt, komponen ini perlu diperhatikan kondisinya karena kerap aus. Biasanya komponen ini harus diganti pada 20.000 km. Dan kebersihan V-belt harus diperhatikan dengan rutin.Timing belt pun harus diperhatikan agar tidak terlalu keras sehingga dapat mengganggu performa berkendara. Silahkan stel timing belt motor anda di bengkel agar anda merasa nyaman berkendara.
  3. Oli Mesin, perhatikan lah oli mesin anda, gantilah minimal setiap 3000 km sekali. Jika terlalu lama dibiarkan akan megurangi kualitas melumas mesin, apalagi sampai volume oli nya sudah berkurang dapat merusak mesin.
  4. Aki & Busi, 2 komponen ini yang membuat motor anda melaju kencang dan bertenaga. Jika Aki & Busi anda sudah tidak berfungsi maka ganti lah dengan yang baru dan orisinil.
  5. Sokbreker, perhatikanlah tekanan suspensinya, jika mulai keras tambahkanlah oli suspensinya.
  6. Gaya Berkendara, saat mengendarai motor matic baik injeksi maupun karburator, jangan lah sering-sering mengubah kecepatan motor secara mendadak. Dengan mengubah kecepatannya dengan tiba-tiba dapat membuat mesinnya berumur pendek. Biasakanlah stabil dan bertahap dalam menaikan kecepatan motor matic anda.
Itulah tips untuk merawat motor matic, saran dari saya jika anda tidak biasa melakukan perawatan sendiri maka bawalah service motor anda ke bengkel setiap 2000 km sekali agar kondisinya tetap prima. Memilik kendaraan tidak hanya bisa membeli dan memakainya saja, namun juga harus bisa merawatnya agar kendaraan anda berumur panjang dan kondisi selalu prima saat anda gunakan.

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top