Cara Menyimpan Harta dengan Emas yang Baik dan Aman

Menabung emas atau logam mulia merupakam cara investasi yang menjanjikan untuk masa depan. Berbagai kalangan menyimpan harta nya melalui investasi emas dikarenakan harga emas selalu naik seiring waktu dan emas jelas lebih stabil dibanding beraneka jenis investasi lainnya dan proses pencairannya ke bentuk uang pun lebih cepat. Para ahli mengatakan harga emas 5-6 tahun mendatang akan naik berkali-kali lipat dari harga sekarang. Hal ini lah yang membuat para investor berbondong-bondong memborong emas untuk menyimpan kekayaannya dimasa ekonomi sedang sulit. Emas memang bermanfaat sebagai penjaga aset dari gejolak perekonomian. Karena emas bersifat lindung nilai atau Hedging yang pembelinya adalah masyarakat seluruh dunia. Bahkan bank-bank central diberbagai negara seluruh dunia memborong emas untuk cadangan devisa negara mereka. Karena nilai emas tetap dari masa ke masa, emas emas di juluki "Zero Inflation".

Kenapa masyarakat lebih memilih menyimpan emas dibandingkan uang kertas? Hal ini dikarenakan disaat terjadi inflasi nilai uang kertas atau uang logam menjadi turun sedangkan nilai emas menjadi naik. Apa itu inflasi? Inflasi adalah naiknya harga-harga barang dan jasa dalam kurun waktu tertentu. Saat terjadi inflasi harga-harga menjadi naik sebagai dampak pertumbuhan ekonomi atau banyaknya uang yang beredar dipasaran. Barang-barang kebutuhan menjadi langka atau lebih sedikit dibandingkan permintaan dikarenakan masyarakat lebih cenderung menyimpan barang-barang kebutuhan dibanding uang. Nah disaat itu nilai emas pun ikut naik menyesuaikan pertumbuhan ekonomi. Makanya orang lebih memilih menyimpan emas dibanding uang kertas karena nilai nya lebih stabil dari masa ke masa. Sebagai contoh pada zaman nabi 2000 tahun yang lalu harga 1 kambing adalah 1 Dinar, sekarang pun masih 1 Dinar. Masih sama kan? karena Dinar itu emas.


Cara membeli Emas
Untuk membeli emas batangan anda bisa membeli nya di PT. Aneka Tambang (Antam), Tbk, di Bank, di toko-toko emas legal/terdaftar, serta di Pegadaian. Sedangkan jika anda ingin membeli emas dalam berntuk perhiasan (cincin, kalung, gelang, dsb) bisa di toko-toko emas di berbagai tempat daerah anda. Perlu anda ketahui pembelian emas batangan asli selalu diberikan serifikat resmi dari PT.Antam yg diakui oleh negara, sedangkan pembelian yang dilakukan tanpa sertifikast resmi dari PT.Antam harga nya jauh lebih rendah dibandingkan yang bersertifkat saat anda menjual nya lagi. Walaupun harganya lebih terjangkau dibanding yang bersertifikat, namun emas yang bersertifikat akan dihargai jauh lebih tinggi dibanding yang tanpa sertifikat. Untuk mengenali sertifikar resmi dari PT.Antam adalah sertifikat tersebut saat dilihat dibawah sinar matahari akan kelihatan seperti uang, maka teliti lah dalam membeli.

Sebelum membeli emas batangan di tempat-tempat tadi, anda perlu update harga nya secara online di website resmi PT.Antam untuk melihat apakah harga emas stabil atau tidak. Jika anda ingin berinvestasi, saran saya dalam membeli emas disaat harga turun dan menjualnya saat harga naik.


Cara menyimpan Emas

Setelah anda membeli emas, yang perlu anda pikirkan adalah keamanan penyimpanan emas anda.
  • Menyimpan dirumah, cara ini relatif aman utuk penyimpanan emas yang belum begitu banyak. Namun pastikan rumah anda selalu berpenghuni atau jarang di tinggal. Anda bisa menyimpannya ditempat-tempat privasi, seperti dalam lemari kamar yang berkunci.
  • Menyimpan di brangkas baja, untuk lebih aman lagi saat menyimpannya di rumah, anda bisa menggunakan berangkas baja yang tentu lebih aman di banding dalam lemari berkunci. 
  • Selain itu juga terhindar dari resiko kebakaran, kebanjiran dan kemalingan. Karena lebih terlindungi dan untuk membobol baja tentu lebih susah. Harga nya pun macam-macam, kisaran 2juta an, bisa anda browsing di google.
  • Menyimpan di Safe Deposit Box (SDB), yang merupakan layanan penyimpanan barang-barang berharga dalam sebuah box berpengaman yang tersedia pada bank-bank besar. Harga sewa pertahunnya pun bervariasi, tergantung kebijakan masing-masing bank.
  • Menyimpan di gadai emas, dengan cara ini cocok untuk anda yang menyimpan emas di rumah lalu suatu waktu anda berpergian bersama keluarga (contoh nya mudik) dan rumah anda kosong. Anda bisa langsung mendatangi pegadaian syariah atau atau bank syariah, kemudian menintipkan emas anda disitu. Anda hanya membayar biaya titip dan adm nya. Dan nilai gadai nya tidak perlu anda ambil, atau ambil secukupnya untuk tambahan biaya anda.
Jual Akun Google Developer
Jual Kotak Hantaran  

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top