Belajar Cara Membuat Art Puding Cantik

Untuk menjadi ibu kreatif itu ternyata gak susah kok banyak pilihan makanan-makanan unik yang bisa kita buat untuk memanjakan si buah hati bahkan bisa jadi santapan bersama keluarga. Tidak hanya itu bahkan  jika kita lebih kreatif lagi kita bisa memanfaatkan keahlian kita tersebut untuk membuka usaha kecil-kecilan lo. Nah,hari ini kita akan belajar membuat art puding cantik.

Sebelumnya kita harus tau dulu ni apa sih itu art puding? darimana sih asal usul art puding? Naaah,dari arti katanya saja kita telah tau bahwa art itu merupakan seni atau gambar. Berati art puding merupakan puding yang dihias dengan gambar. Kita bisa membuat gambar sesuai keinginan. Masih penasaran ya bagaimana cara memberikan hiasan atau gambar pada puding yang dasarnya licin dan kenyal. Eits sabar dulu,sebelumnya kita juga harus mengetahui darimana asal usul art puding ini. Art puding berasal dari Amerika Latin dimana mereka menggunakan gelatin untuk pembuatannya sehingga dinamakanlah Gelatin Art. 

Oke bagi yang penasaran bagaimana cara membuat art puding cantik,mari perhatikan proses pembuatannya yaaa..

Art yang akan kita buat kali ini berbentuk bunga dengan bermacam warna.


Sebelum membuatnya mari perhatikan bahan dan alat yang digunakan :

Alat :

Wadah/cetakan puding
Suntik

Bahan :
  • Adonan 1
1200  ml  air
 2       bks jelly bubuk
150    grm gula
1/4     sendok teh    vanili
garam secukupnya
  • Adonan 2
600   ml   air
3/4    sendok teh  jelly bubuk
3/4    sendok teh   agar-agar bubuk
75     grm  gula pasir
Pewarna makanan secukupnya
garam secukupnya
  • Adonan 3
800   ml  susu uht
1/2   bks  agar-agar bubuk
1      sendok teh  jelly bubuk
150   grm  gula pasir
garam secukupnya.

Cara membuat :

1. Adonan I : campurkan semua bahan pada adonan 1.Rebus hingga mendidih dan jangan lupa untuk terus diaduk.Tuangkan dalam wadah jika kita ingin melihat hasil puding sebaiknya gunakanlah  wadah yang tidak berwarna alias bening. Lalu dinginkan terlebih dahulu.

2 Adonan II : campurkan semua bahan pada adonan 2.Rebus hingga mendidih sambil diaduk terus menerus.  Bagi menjadi 6 bagian atau sesuai keinginan. Tambahkan warna yang berbeda pada setiap bagiannya.

3. Siapkan suntikan. Isi dengan adonan warna sesuai keinginan misalkan sesuai pada gambar berwarna orange. Semprotkan bentuk putik dengan warna kuning. Isi suntikan dengan warna merah,biru,pink,ataupun ungu sesuai keinginan kita asalkan jangan putih atau bening . Buat kelopak bunga dengan bentuk dan warna sesuai keinginan. Isi suntikan dengan warna hijau, semprot membentuk daun dengan ukuran sesuai keinginan. Dinginkan terlebih dahulu.

4. Adonan III : campurkan semua bahan pada adonan 3.Rebus sambil diaduk sampai mendidih. Tuang diatas puding yang telah dibuat tadi, dinginkan terlebih dahulu.

5. Masukkan kedalam kulkas sebelum disajikan.

Bagaimana? Mudahkan? Semakin rajin kita mencoba dan mengkreasikannya maka kita juga semakin mahir membuatnya. Ini juga bisa dijadikan modal lo untuk kesuksesan anda.


Selamat mencoba :)

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top