Alasan Orang Banyak Menikah Setelah Lebaran

Banyak orang khususnya umat islam yang melangsungkan pernikahan dibulan Syawal, yaitu setelah bulan Ramadhan atau lebih tepatnya lagi setelah lebaran. Mengapa hal demikian dilakukan? Rasulullah pernah menyampaikan kepada sahabatnya bahwa menikah di bulan ramadhan hukumnya makruh (tidak diharamkan, namun lebih baik tidak dilakukan). Kenapa bisa demikian? Mari kita simak pembicaraan seorang ustad dalam sebuah ceramahnya.

Seorang ustad dalam salah satu ceramahnya memberikan ceramah Ramadhan dengan tema yang sangat jarang dibahas. Yaitu beliau menyampaikan bahwa penyebab batal nya puasa kebanyakan selain makan dan minum adalah berhubungan suami istri, terutama pengantin baru. Beliau bercerita tentang pengalaman beliau yang dimintai pendapat oleh seorang temannya. Teman beliau ini sesama ustad yang juga pengantin baru (menikah seminggu sebelum Ramadhan), karena gelora yang sangat luar biasa bagi pasangan pengantin baru, akhirnya jebol deh puasanya. Ujar beliau kepada temannya.

Beliau yang batal puasanya ini bercerita kepada sang ustad tentang kecerobohan beliau, dan sang ustad pun menyarankan diakhir ceritanya untuk menggantinya di luar Ramadhan selama 2 bulan berturut-turut. 

Sang ustad dalam ceramahnya tidak menyalahkan ataupun menghakimi teman beliau tersebut. Karena memang sebagai pengantin baru berjima' tersebut merupakan hal yang selalu ada dipikiran pengantin baru, tidak hanya dibulan Ramadhan saja namun di bulan-bulan lainnya pun juga begitu.  

Nah sungguh sangat berbahaya menikah menjelang Ramadhan, karena godaan untuk berjima' tersebut memang begitu besar (bukan godaan dari setan) tetapi datang dari sendiri. Kita sebagai manusia yang normal, yang memiliki nafsu, yang disaat berdua-duaan dengan lawan jenis bisa terjadi hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu Rasulullah menyampaikan kepada para sahabatnya bahwa menikah menjelang bulan Ramadhan itu hukumnya makruh, karena Rasulullah sudah memprediksikan umat nya melakukan hal-hal yang tidak pantas dilakukan ketika berpuasa.

Menikah justru di sunnahkan (dianjurkan) di bulan Syawal atau setelah lebaran, dikarenakan sungguh sangat berbahaya nya menikah menjelang Ramadhan karena faktor diatas tersebut.

Baca juga:
Jual Kotak Hantaran di Pekanbaru
Tempat Jual Kotak Hantaran di Pekanbaru
Penjual Kotak Hantaran di Pekanbaru
Jual Akun Google Developer
Jual Kotak Hantaran 

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top