Perkembangan Remote Televisi dari Masa ke Masa

Kebayang nggak jika saat ini remote TV pakai kabel ? dulu remote TV belum secanggih saat ini yang fleksibel dan harganya pun terjangkau, malahan sekarang jika beli TV baru sudah dapat langsung remote nya. Namun dulu tidak, TV belum ada remotnya, setelah ada pun remotnya dijual terpisah dan harganya pun cukup mahal loh.


Awalnya dulu remot tv disambungkan pada kabel yang diciptakan pada tahun 1950 untuk pengguna pewasat televisi oleh perusahaan Zenith Elecronic di Amerika. Hal ini membuat para penonton TV merasa senang dengan alat pengendali TV yang diberi nama "Lazy Bones". Alat ini dulunya disambungkan kabel yang menjuntai sepanjang 6 meter. Tapi lama-lama kabel yang menjuntai panjang ini dirasa menggangu akibat sering tersandung kaki oleh kabelnya, hingga akhirnya pada tahun 1955 Eugene Polley membuat remot TV yang tanpa menggunakan kabel alias Nirkabel atau Wireless.

Remote TV ciptaan Eugene Polley diberi nama "Flash Matic". Alat ini berbentuk seperti pistol atau hair dryer yang mengeluarkan cahaya ke sensor TV. Flash Matic mampu mengganti saluran siaran TV, mengendalikan volume TV, serta mampu menyalakan dan mematikan TV. Inilah awal sejarah remote TV tanpa menggunakan kabel, sehingga beliau di juluki sebagai bapak pencipta remote control. Beliau juga bekerja di perusahaan Zenith Electronik, yang awalnya dibagian gudang, namun setelah penemuannya beliau dipindahkan di bagian teknik perusahaan.


Namun Flash Matic juga memiliki kelemahan yang membuatnya tidak berfungsi ketika terkana cahaya lain seperti cahaya matahari atau sinar lampu mobil yang lewat. Lalu peminatnya pun berkurang, sehingga pada tahun 1956 Robert Adler menciptakan remote TV yang menggunakan gelombang ultrasonik dan alat ini diberi nama Space Command. Alat ini memiliki berat hampir 1 kilo (tepatnya 8 ons) dengan harga yang cukup mahal sekitar 100 dollar AS, setara dengan sepertiga harga televisi pada saat itu. Space Command hadir ketika era emas pertelevisian bangsa Amerika dikala itu yang dulunya TV sebagai sarana informasi menjadi sarana hiburan bagi masyarakat.

Banyak keluhan masyarakat saat itu dengan Space Command ini karena gelombangnya mengganggu binatang terutama anjing dan channel atau volumenya berubah sendiri ketika ada frekuensi dari alat lain yang senada dengan frekuensi pada TV.

Seiring perkembangannya, pada tahun 1970 BBC memperkenalkan Ceefax Teletext, yang pada akhir perkembangannya juga kandas ditengah jalan karena masih juga menggunakan kabel.

Hingga pada tahun 1977, mulailah ITT mengembangkan remote TV  menggunakan sinar inframerah. Teknologi inilah yang terus bertahan dan berkembang hingga saat ini. Dan model ini banyak digunakan oleh pengguna bentuk telekomunikasi.

Dan pada tahun 2011 sudah ada remote TV dalam perangkat smartphone dalam bentuk aplikasi yang menggunakan Bluetooth, Wifi, dan InfraRed sebagai penghubung. Semakin canggih saja bukan?

Jual Akun Google Developer
Jasa Pembuatan Akun Google Developer 

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top