Cara Menghilangkan Jerawat secara Alami Tanpa Obat

Cara menghilangkan jerawat - apa itu jerawat ? benjolan kecil itu loh yang bentuknya imut2 tapi kalau kebanyakan jadi amit2, yang biasanya dikeluhkan anak ABG labil zaman sekarang, hehehe. Jerawat bisa menyerang siapa saja baik pria maupun wanita. Kalau banci bisa juga nggak ya? Tentu bisa karena dia juga manusia. Jerawat telah ada dari zaman purba dulu, tapi entah apa dulu namanya. Tapi sebagian orang ada juga yang beranggapan kalau jerawat itu menambah manis atau jadi cute gitu.

Ada juga orang beranggapan bahwa jerawat itu tanda perasaan yang terpendam terhadap orang yang disukainya. Apakah benar? saya pun tidak tahu, tapi banyak orang bilang gitu sih. Jadi supaya jerawatnya hilang nyatakan aja perasaanmu pada dia.


Selain membuat kurangnya rasa percaya diri, jerawat juga menandakan kurangnya menjaga kebersihan pada wajah. Selain itu ada faktor lainnya seperti masa menstruasi wanita, perubahan hormonal, stres, dan lain sebagainya. Berikut adalah  penyebab datangnya jerawat, antaranya :

Wajah berminyak

Kelenjar minyak pada wajah yang terlalu banyak memproduksi minyak yang berlebihan dapat terjadi penyumbatan pada saluran pori-pori kulit wajah.

Sel-sel kulit mati

Timbulnya jerawat dikarenakan kalenjar minyak yg berlebih dan bercampur dgn sel  kulit yang mati. Hal inilah yang menyebabkan sebum meningkat dan campuran ini membantuk penyumbatan yg menjadikan bintik hitam/putih.

Bakteri

Berkembangnya p.acne didalam kelenjar sebaceous yg tersumbat menghasilkan zat-zat yg dapat menimbulkan iritasi. Kelennjar itulah yang terus  membengkak dan mungkin bisa pecah, dan menyebar ke kulit sekitarnya. Hal itulah yang menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Obat-obatan dan Kosmetik

Pemakaian obat-obatan dapat menyebabkan daya tahan tubuh menjadi menurun membuat potensi jerawat meningkat. Begitu juga pada bedak yang mengandung foundation menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga menimbulkan jerawat.

Faktor Keturunan

Saat orang tua di masa mudanya berjerawat, anak-anaknya pun dapat dipastikan mengalami hal serupa. Tapi tidak pada semua anaknya mengalami hal demikian.

Faktor Lingkungan

Polusi juga mempengaruhi timbulnya jerawat dan gaya hidup seseorang yang tidak sehat juga dapat menimbulkan jerawat.

Berikut Cara Menghilangkan Jerawat secara alami yang bisa anda coba dirumah, mengingat penggunaan obat-obatan untuk menghilangkan jerawat banyak yang mengandung bahan-bahan yang berbahaya untuk kesehatan. Belum lagi efek samping yang ditimbulkannya membuat  kesehatan mengganggu. Untuk itulah alternatifnya adalah dengan cara mengobati secara alami. Dibawah ini akan saya jabarkan satu persatu.


Tips Menghilangkan Jerawat secara Alami :

Putih Telur 
Selain dapat mengencangkan kulit, putih telur juga dapat menghilangkan jerawat secara alami. Cara penggunaannya hanya dengan mengumpulkan putih telur secukupnya (2-3 telur) lalu kocok sampai berbusa dan oleskan ke muka seperti menggunakan masker. Biarkan hingga 15-20 menit hingga kering dan bilas sampai bersih. Lakukanlah secara rutin.

Jeruk Nipis

Dengan kandungak citric acid pada jeruk nipis yang mampu menghilangkan sel kulit mati yang menyebabkan jerawat. Anda dapat membuatnya di rumah dengan dengan menambahkan air mawar. Caranya adalah dengan mencapurkan air perasan jeruk nipis dengan beberapa tetes air bunga mawar. Lalu oleskan ramuan tersebut ke permukaan kulit dengan merata. Diamkan 15-20 menit hingga kering dan bilas dengan air hangat hingga bersih.

Tomat

Kandungan Vitamin A dan C pada tomat bermanfaat untuk menghilangkan jerawat tanpa perlu kwatir ada efect samping. Cara menggunakannya cukup mudah, dengan mengiris tomat lalu oleskan dan tempel pada permukaan wajah yang berjerawat. Biarkan 15-20 menit lalu bersihkan. Lakukanlah secara rutin.

Lidah Buaya

Ambil daun lidah buaya (bukan lidah buaya yang asli ya) potong menjadi beberapa bagian, lalu kupas kulitnya. Oleskan pada permukaan wajah yang berjerawat, biarkan sampai kering dan bilas sampai bersinh. Lakukanlah secara rutin pagi dan sore. Selain mampu menghilangkan jerawat, lidah buaya juga dapat menghilangkan bekas jerawat yg membandel.

Bawang Putih

Cara penggunaan bawang putih untuk mengobati jerawat ada 2. Pertama dengan menumbuknya sampai halus lalu oleskan ke permukaan yang  berjerawat, biarkan sampai keering dan bilas sampai bersih. Kedua dengan memakann ruting setiap hari. Jika anda tidak menyukainya, bisa menggunakan cara lain.

Pasta Gigi

Pasta gigi yang dimaksud disini adalah yang berbentuk pasta (seperti pepsodent), bukannya yang berbentuk jel (seperti close up). Caranya gunakan pada malam hari, biarkan sampai pagi lalu bilas sampai bersih.

Rajin Membersihkan Wajah

Bersihkanlah selalu wajah anda dengan air bersih, apalagi usai beraktifitas. Karena polusi pada lingkungan sekitar dapat membuat wajah menjadi berminyak dan kotor. Dan biasakan juga membersihkan wajah sebelum tidur, agar kotoran pada wajah tidak mengering saat anda tidur. Untuk tambahan rajin-rajin lah minum air putih dan makan sayur-sayuran,  namun jika anda tidak suka sayur bisa diganti dengan buah-buahan yang mengandung air.

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top