Cara Tepat Menurunkan Berat Badan Menjadi Ideal

Setiap orang pasti mendambakan bentuk tubuh yang idel karena selain menambah rasa percaya diri tentu juga untuk kesehatan. Memiliki berat badan yang terlalu berlebih (obesitas) memiliki resiko penyakit jantung. Selain itu juga banyak lagi bahaya penyakit yang mengancam orang yang dalam kondisi obesitas seperti nafas pendek, penyakit kulit, sakit persendian, asam lambung naik, depresi/stress, mendengkur, sakit punggung, hipertensi, datang bulan tidak teratur, varises dan lain sebagainya. Obesitas disebabkan oleh pola hidup dan pola makan yang tidak sehat.

Makan memang kebutuhan setiap manusia untuk memenuhi asupan gizi, namun makan yang tidak dikontrol atau berlebihan justru dapat menimbulkan datangnya berbagai penyakit. Apalagi energi yang masuk dengan energi yang keluar tidak seimbang, akan terjadi penumpukan lemak di dalam tubuh.

Bagaimana untuk mengetahui berat badan yang ideal atau mengetahui orang yang dikategorikan obesitas? Berikut cara menghitung berat badan ideal anda.

Rumus Berat Badan Ideal

Berat Badan Ideal = (Tinggi Badan - 100) x 90%
Contoh : Jika tinggi badan anda adalah 170 cm, maka dapat berat badan ideal anda dapat dihutung sbb :
Berat Badan Ideal = (170-100) x 90%
                              = 70 x 90%
                              =  63
Jadi berat badan idealnya adalah 63 kg. Jika berat badan anda melebihi berat badan ideal anda, itu berarti anda kelebihan berat badan atau gemuk. Dan sebaliknya, jika kurang dari berat badan ideal maka anda dapat dikatakan kurus, solusinya anda dapat menambah asupan makanan yang bergizi dengan menambah berat badan.


Cara Menurunkan Berat Badan yang Baik dan Benar
  1. Olahraga
  2. Diet Sehat
  3. Cukup Tidur
  4. Hindari Stress
  5. Puasa
  6. Kurangi Porsi Makan
  7. Kurangi Makanan yang di goreng
  8. Kurangi Minuman yang bersoda
  9. Konsumsi air putih yang cukup
  10. Hindari Junk Food , makanan kemasan dan yang diawetkan.
Baru-baru ini lagi boomingnya diet OCD (Obsessive Corbuzier Diet) yang di usung oleh Deddy Corbuzier, yang inti dari program dietnya itu adalah "Puasa". Puasa yang dimaksudnya adalah dengan tidak makan dalam kurun waktu tertentu (16 jam, 18 jam, 20 jam, hingga 24 jam). Namun dibolehkan minum minuman yang no kalori, seperti kopi, susu dan sebagainya itu tidak boleh. Namun Teh yang rendah gula dibolehkan. Untuk pemula diawali dengan puasa 16 jam hingga bertahap menambah hingga 24 jam. Sebagai contoh misalnya puasa 16 jam dimulai pukul 2 siang, maka tidak boleh makan sampai jam 6 pagi besoknya. 

Selain itu anda juga harus rajin olahraga untuk hasil yang maksimal. Anda bisa pergi ketempat-tempat pusat kebugaran seperti gym. Disana anda bisa dipandu oleh instruktur yang sudah berpengalaman. Butuh tekat dan usaha yang keras untuk mandapatkan hasil yang diinginkan. Untuk itu mulai lah dari sekarang dengan menyisihkan waktu anda untuk kesehatan.

Cara Fitnes Pemula

Comments
1 Comments

1 komentar:

Back to top