Cara Mencegah Rasa Ngantuk disela-sela Kesibukan

Banyak tugas kuliah sering kali kita begadang hingga larut malam demi menyelesaikan tugas tersebut. Bahkan rela gak tidur seharian demi yang namanya tugas kuliah.Terkadang tidur udah puas dan nyenyak dikampus lihat teman menguap tanpa kita sadari kita juga ikut menguap. Lalu kenapa hal ini bisa tejadi? Ya hal ini kerap terjadi disekitar kita bukan? Ternyata ngantuk juga bisa menular.

Ketika sudah merasa ngantuk dan lesu sering kita gunakan langkah alternatif yaitu meminum kopi. Padahal kopi bukanlah solusi yang tepat. Banyak cara menghilangkan rasa kantuk. Cukup dengan meluangkan waktu kita dalam beberapa menit saja kantuk bisa hilang.
Berikut cara menghilangkan rasa kantuk disela-sela kesibukan :
1.Berjalan- jalan Disekitar tempat kita berada
Berjalan-jalan dalam artian disini bukanlah berjalan yang bisa mengabiskan waktu mengunjungi suatu tempat tertentu. Tetapi lebih tepatnya berjalan disekitar kita berada saja.Seorang profesor State University,Robert Thayer PhD mengatakan bahwa berjalan-jalan santai dapat mengurangi rasa kantuk. karena dengan berjalan-jalan selama kurang lebih 10 menit dapat menambah energi sampai beberapa jam ke depan. Itu karena saat kita sedang berjalan, oksigen telah dipompa melalui pembuluh darah kita ke bagian otak dan otot.
2.Melihat pepohonan yang asri
Ketika sedang sibuk beraktifitas lalu mata mulai lelah dan tubuh mulai melemas. Manfaatkan waktu yang singkat untuk melihat alam sekitar. Dijamin mata akan kembali segar kembali. Jika kita berada di perkotaan yang sulit ditemukan pepohonan yang tumbuh subur kita bisa gunakan cara alternatif dengan menanam tumbuhan yang berwarna hijau didalam ruangan tempat kita bekerja. Lihat tanaman tersebut maka mata akan menjadi lebih rileks.
3.Buatlah ruangan menjadi lebih terang
Survei membuktikan ruangan kerja yang memiliki cahaya yang terang dapat membuat rasa kantuk berkurang dan meningkatkan rasa kewaspadaan. Ruangan yang gelap dapat membuat mata juga meredup karena suasana yang mendukung kita untuk tidur.Ciptakan ruangan yang terang dan nyaman.
4.Tarik nafas sedalam-dalamnya
Ternyata dengan menarik nafas sedalam-dalamnya dapat juga menguarangi rasa ngantuk.Tarik nafas melalui hidung dan keluarkan melalui mulut. Dengan posisi dada tidak boleh bergerak.
5.Minum air sebanyak-banyaknya
Dehidrasi juga bisa menyebabkan kantuk. Minum air sebanyak-banyaknya agar terhindar dari dehidrasi. dan makanlah makanan yang mengandung kadar air tinggi seperti buah-buahan dan sayuran.
6.Luangkan Waktu Untuk OlahragaHasil survei 70 penelitian pada 2006 yang melibatkan lebih kurang 6.800 orang, para ahliyang ada di Universitas Georgia mengungkapkan, olahraga lebih efektif menambah energi dan mengurangi kelelahan pada siang hari daripada mengonsumsi obat-obatan. Olahragayang teratur ternyata dapat meningkatkan kualitas tidur kita. Ketika sedang melakukan aktifitas dan ada waktu luang maka luangkan untuk berolah raga kecil disekitar kantor atau kampus.
7.Udara siang mengatur siklus tidur
Jika annda penderita insomnia bersahabatlah dengan sinar matahari ternyata sinar matahari dapat mengkontrol rasa kantuk kita. Pada malam hari tidur kita juga akan semakin nyenyak jika pada pagi harinya kita berada dibawah sinar matahari. Keluar pada pagi hari dan hirup udara segar.
8.Bercakap-cakap dengan Rekan Kerja
Jika konsentrasi sudah buyar alihkan perhatian dari tugas tugas. Bercakap-cakaplah sejenak dengan rekan kita. Hal ini dapat membuat fikiran sedikit lebih tenang dan rileks. Tetapi jangan mengobrol ketika guru sedang menerangkan karna ini tidak hanya membuat fikiran yang rileks tetapi suasana kelas malah semakin kacau karna tidak ada yang dapat berkonsentrasi.

Tanpa harus minum obat dan meminum kopi kita bisa terapkan cara diatas. Dijamin ngantuk hilang dan badan tetap sehat.

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top